Senyap jadi film dokumenter terbaik peraih penghargaan Bodil

senyap

Film “Senyap” karya Joshua Oppenheimer dan ko-sutradara Anonim. (filmsenyap.com)

Setiap penghargaan yang didapatkan film ini saya harap selalu menjadi pengingat bahwa masih banyak yang harus dikerjakan untuk menegakkan keadilan dan mengungkap fakta-fakta sejarah…

Jakarta (ANTARA News) – Film “Senyap” (“The Look of Silence”) besutan Joshua Oppenheimer bersama ko-sutradara Anonim dari Indonesia dinobatkan sebagai film dokumenter terbaik pada penghargaan Bodil  di Bremen Theater, Copenhagen, Denmark , Sabtu (28/2).

“Film ‘Senyap’ menggugah perasaan kami, mendorong kami untuk berpikir, dan membuka mata kami untuk melihat dunia,” kata Dewan Juri Penghargaan Bodil dalam siaran pers.

Joshua menanggapi penghargaan yang diberikan Asosiasi Kritikus Film Denmark itu dengan harapan agar dua filmnya, “Jagal” dan “Senyap” dapat memicu perbincangan mengenai sejarah gelap yang selama ini tidak pernah dibicarakan.

“Senyap” berkisah tentang perjalanan satu keluarga penyintas pembantaian massal 1965 untuk mengetahui siapa dan bagaimana anak mereka dibunuh dari rekaman yang dibuat Joshua Oppenheimer. Adik bungsu korban, Adi Rukun, bertekad memecahkan kesenyapan di kehidupan para korban dan mendatangi mereka yang bertanggungjawab atas kematian kakaknya.

“Setiap penghargaan yang didapatkan film ini saya harap selalu menjadi pengingat bahwa masih banyak yang harus dikerjakan untuk menegakkan keadilan dan mengungkap fakta-fakta sejarah yang digelapkan dari ruang-ruang kelas di Indonesia,” kata Adi Rukun.

“Senyap” memenangi kategori film dokumenter terbaik dari nominator lain seperti film “The Circus Dynasty”, “1989”, “The Arms Drop” dan “We Are Journalists”.

Bodil Awards adalah penghargaan film Denmark yang diberikan oleh Asosiasi Kritikus Film Denmark. Perhelatan yang digelar sejak 1948 itu merupakan salah satu penghargaan film tertua di Eropa.

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*